Trending: SMS Gratis



Kamis, 23 Februari 2012

Ada ada saja, CT Scan Biasa Tak Muat, Pasien Gemuk Dirujuk ke Bonbin

Populer.web.id - Punya tubuh gemuk yang sudah masuk kategori obesitas memang menyusahkan. Di Inggris, pasien dengan obesitas parah yang akan menjalani CT Scan harus dirujuk ke bonbin (kebun binatang) karena ukuran mesin CT Scan biasa untuk manusia tidak muat.

Rujukan pasien obesitas untuk menjalani CT (computerised tomography) Scan di Kebun biatang dilaporkan oleh Riaz Dharamshi, seorang petugas pendaftaran di St Marry Hospital, London. Ia mengaku pernah disuruh merujuk pasien seberat 190 kg ke kebun binatang.

Beberapa kebun binatang di Kota London dan sekitarnya menolak, namun The Royal Veterinary College (RVC) sempat mempertimbangan rujukan tersebut. Sekolah kedokteran hewan itu bersedia melakukan CT Scan pada pasien tersebut, namun harus mengurus izin dulu.

Dikatakan oleh Dharamshi, St Marry Hospital terpaksa merujuk pasien itu ke kebun binatang karena alat CT Scan yang dimilikinya tidak muat untuk dimasuki si pasien. Rencananya, di kebun binatang itu pasien akan diperiksa dengan CT Scan kuda yang ukurannya lebih besar.

Oleh beberapa kalangan, rujukan aneh tersebut dinilai bisa mempermalukan pasien. Meski secara teknis alat yang digunakan bekerja dengan mekanisme yang sama, namun karena biasa digunakan untuk kuda maka itu bisa berarti menyamakan pasien gemuk dengan kuda.

"Bayangkan betapa malunya pasien saat kita bilang, 'Maaf Pak tapi Anda terlalu gemuk untuk CT Scan, jadi harus kami rujuk ke kebun binatang yang biasa menangani binatang seukuran Anda'," tulis Dharamshi dalam sebuah artikel, seperti dikutip dari Dailymail.

Sebuah laporan yang dipublikasikan tahun 2011 pernah mengungkap, sebagian besar rumah sakit di Inggris memang tidak siap menghadapi pasien gemuk. Beberapa rumah sakit masih harus menyediakan tempat tidur, troli dan kursi roda yang lebih besar dan kuat untuk pasien obesitas.

Kebutuhan layanan khusus untuk pasien obesitas bagaimanapun harus diperhatikan, mengingat jumlahnya makin lama makin banyak. Sebuah penelitian memperkirakan, lebih dari 50 persen perempuan dan 75 persen laki-laki di Inggris akan mengalami obesitas pada tahun 2050.

Sponsored